Monday, May 31, 2004

Beberapa Bacaan Ringan

Mark Lentczner bekerja keras beberapa bulan untuk membuat 'tabel periodik' operator Perl. Mengingatkan saya ke kuliah Kimia Dasar. Saya hanya berhasil menghafal 30 nama elemen pertama, dan beberapa jembatan keledai untuk elemen di beberapa kolom.

Di sisi lain, moto lazy admin is a good admin mungkin tidak tertolong oleh kehadiran YaST di Debian. Thread di milis developer Debian membahas bahwa Webmin-pun boleh jadi masih lebih baik daripada YaST. Tips ini sangat menyedihkan. Mungkin helper untuk newbie adalah newbie juga? :))

Barangkali keluhan-keluhan semacam ini cukup menggambarkan keengganan saya memakai Webmin, linuxconf, dan berbagai aplikasi control panel. Back to CLI, guys!

Paling tidak masih ada kata-kata penghibur

> Discussing yast and 'improving user experience' in parallel threads
> seems contradictory to me, but then, as you wrote, you don't have to
> use it. I mean, i'm not objecting ITP, in case it is found to be of use
> for anything except getting #1000000 out.

Au contraire. YaST and 'improving user experience' are definitely
parallel; they do not meet at any point, neither in past, present, or
future... =)
Hanya saja, pengalaman saya di AIX cukup bertentangan dengan kebiasaan saya menangani sistem Debian. Semua pekerjaan administratif di AIX saya lakukan via SMIT, mungkin karena saya belum terbiasa dengan nama-nama utilitas. Bagusnya, SMIT mencantumkan perintah CLI beserta opsi-opsinya untuk setiap task yang saya eksekusi via menu.

No comments: