Saturday, August 14, 2004

An Itch I can't Scratch (Yet)

$ grep CONFIG_FB_VESA /boot/config-`uname -r`
Apabila hasil tampilan perintah di atas adalah
CONFIG_FB_VESA=y
dan kernel option anda memuat
vga=791
maka coba jalankan perintah ini di virtual console #1 (tty1) (tekan Ctrl+Alt+F1 untuk pindah ke console #1 ini)
$ pstree
mana tampilan yang anda peroleh?
(a) init─┬─foo

├─bar
atau
(b) initqwqfoo

tqbar
Sejauh ini, untuk kernel versi 2.4.x saya memperoleh (a), sedangkan untuk kernel 2.6.x saya peroleh (b). Untuk kernel versi manapun, pada virtual console bukan pertama, hasil yang saya peroleh adalah (a). Keanehan lain, pada kernel versi 2.4.x dengan konfigurasi
CONFIG_FB_VESA=m
saya juga memperoleh (b). Ada apa gerangan? Bug di kernel? Bagaimana menelusurinya?

1 comment:

Ikhlasul Amal said...

Saya terpaksa menghapus vga=791 dari boot karena setterm -powerdown tidak berfungsi di monitor saya dengan mode tersebut. Sayang energi yang dibuang oleh monitor jika sedang ditinggal lama.