Thursday, March 31, 2005

Membatasi Kecepatan CD

Terkadang saya terganggu oleh bunyi berputarnya CD. Memang saya suka kecepatan yang lebih tinggi, tapi tidak harus ribut kan? Lalu terpikir, barangkali bunyi nyaring itu bisa dikurangi kalau kecepatan putar CD sengaja kita batasi. Ternyata sudah ada utilitas di Linux -- sudah sering saya pakai untuk mengeluarkan media dari pemutarnya -- yang memiliki fitur tersebut: eject. Pernah juga saya manfaatkan utilitas ini untuk menggoda teman saya yang sedang berada di sebelah mesin, sedangkan saya chat dari kota berjarak 400-an km darinya. Karena saya diberi akses shell ke mesin tersebut, dari jarak jauh saya berikan perintah:

while true; do eject; sleep 2; eject -t; sleep 2; done

Rupanya eject memiliki opsi yang selama ini tidak pernah saya perhatikan (RTFM dong!):
-x 
With this option the drive is given a CD-ROM
select speed command. The speed argument is a
number indicating the desired speed (e.g. 8
for 8X speed), or 0 for maximum data rate. Not
all devices support this command and you can
only specify speeds that the drive is capable of.
Every time the media is changed this option is
cleared. This option can be used alone, or with
the -t and -c options.
Saatnya kita coba!

Update:

Ternyata banyak jalan menuju Roma. Utilitas lain yang bisa mengatur kecepatan CD adalah setcd, hdparm (opsi -E), dan cdspeed.

No comments: